4 Genre Musik Yang Populer Di Indonesia

Musik terdiri dari dari beberapa genre yang berbeda-beda yang tentunya memiliki para penikmatnya masing-masing. Begitupun di Indonesia, yang terdiri dari beberapa penikmat musik dari berbagai genre. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan membahas tentang 4 genre musik yang populer di Indonesia sebagai berikut : 

  1. Dangdut

Genre musik dangdut ini sangat terkenal, dan banyak disukai oleh masyarakatnya Indonesia. Dangdut merupakan salah satu genre seni musik Indonesia yang mengandung unsur-unsur musik Hindustan atau India klasik, Melayu, dan arab. Sehingga, bentuk musik ini berakar dari Qasidah yang terbawa oleh agama islam yang masuk ke Indonesia pada tahun 635-1600. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, sejak tahun 1970-an dangdut boleh dikatakan telah matang dalam bentuknya yang kontemporer. Sebagai musik yang populer, dangdut juga sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lainnya mulai dari langgam, keroncong, pop, rock, degung, gambus, dan juga house music. 

  1. Pop

Musik yang populer atau biasanya disebut dengan musik Pop, merupakan sebuah genre musik yang ada sejak tahun 1950-an. Sebagai genre musik, pop sangat eklektik dan sering dijadikan sebagai elemen dari gaya0gaya musik lain termasuk urban, rock, latin, country, dan dance. Musik pop pada umumnya dianggap sebagai sebuah genre yang komersial, sehingga memiliki penggemar yang lumayan besar. 

  1. Rock

Rock adalah genre musik yang populer, genre rock juga mulai diketahu secara umum pada pertengahan tahun 1950-an. Akarnya berasal dari rhythm and blues, musik country dari tahun 1940 dan 1950-an serta berbagi pengaruh lainnya. Selain itu, musik rock juga telah diketahui mengambil gaya dari berbagai musik lainnya termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik.

  1. Reggae

Reggae merupakan salah satu aliran musik yang awalnya hanya dikembangkan di Jamaika pada akhir era 60-an. Istilah reggae, lebih tepatnya hanya merujuk pada gaya musik khusus yang muncul mengikuti perkembangan ska dan rocksteady. Biasanya dalam reggae terdapat aksentuasi pada ketukan kedua dan keempat pada setiap bar, dengan gitar rhythm juga memberi penekanan pada ketukan ketiga atau menahan kord pada ketukan kedua sampai ketukan keempat dimainkan. 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *