Fakta Unik Tentang Ridwan Kamil

Siapa yang tidak kenal dengan Ridwan Kamil? Semua orang terutama warga Jawa Barat tentunya sangat familiar dengan pria yang satu ini. Karena saat ini beliau menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat periode 2019-2024. Selain sebagai Gubernur Jawa Barat dan pernah menjadi Walikota Bandung, kang Emil juga dikenal sebagai seorang arsitek yang handal. Namun, ada beberapa hal lainnya tentang beliau yang mungkin belum banyak orang mengetahuinya. Berikut fakta unik tentang Ridwan Kamil :

  1. Pernah Kuliah Di Universitas California, Berkeley

Setelah lulus S-1 dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1995, Ridwan Kamil memilih untuk bekerja di Amerika Serikat. Namun, terjadinya krisis moneter yang melanda Indonesia pada waktu itu, sehingga membuat kang Emil tidak bisa dibayar oleh kliennya dan hanya dapat bertahan bekerja selama empat bulan saja. Setelah tidak bekerja, ia tetap bertahan di Amerika Serikat dan akhirnya mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliahnya di Universitas Berkeley, California. Untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, ia bekerja paruh waktu di Departemen Perencanaan Kota Berkeley.

  1. Mendirikan Urbane Dengan Salah Satu Karya Masjid Tsunami Aceh

Setelah lulus S-2 dari Universitas Berkeley, California, pada tahun 2004 kang Emil mendirikan firma yang bernama Urbane. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa konsultan perencanaan, arsitektur dan desain. Urbane ini telah menangani berbagai proyek internasional seperti Suzhou Financial District di China dan Syria Al-Noor Ecopolis di negara Syria. Selain itu, Museum Tsunami di Aceh juga menjadi salah satu buatan Urbane. Museum Tsunami Aceh yang memiliki luas seitar 2.500 persegi ini dibangun pada tahun 2007 yang lalu.

  1. Suka Makan Telur Ceplok dan Tahu Goreng

Dari pengakuan sang istri, Atalia Praratya Kamil, kang Emik ini merupakan pribadi yang sederhana dan tidak neko-neko, terutama soal makanan. Dimana, kang Emil suka makanan sederhana seperti tahu goreng dan telur ceplok. “ Kang Emil memang simpel kesukaannya : telur ceplok dan tahu goreng. Boleh dikatakan, ada slogan ‘Apapun masakannya, tak lengkap tanpa telor celpok mata sapi dan tahu goreng,’ untuknya! kata sang istri. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *