Macam-Macam Kalkulator Berat Badan Berdasarkan Usia, Jenis Kelamin, dan Ibu Hamil

Ukuran Tubuh Ideal Belum Tentu Tubuh Sehat

Menghitung berat badan menjadi salah satu acuan dalam menentukan apakah tubuh berada pada kondisi ideal atau tidak. Nilai dari perhitungan berat badan ini bisa juga menjadi acuan untuk menjaga kesehatan. Nah, berikut ini beberapa kalkulator berat badan yang disesuaikan dengan kriteria umur, jenis kelamin, dan kondisi tubuh.

  • Menghitung Berat Badan Bayi Usia 0 – 12 Bulan

Bayi yang masih berusia hingga 12 bulan juga mempunyai kriteria berat ideal yang harus dijaga. Apabila kurang ataupun berlebih, orang tua harus segera waspada. Nah berikut ini rumus dalam menghitung berat badan bayi.

Berat badan ideal bayi = (usia/2) + 4

Dari perhitungan tersebut akan menunjukkan berapa berat ideal bayi pada usia tertentu. Contohnya, jika usia bayi adalah 6 bulan, maka dengan menggunakan rumus tersebut, harusnya bayi mempunyai berat badan ideal = (6/2) + 4, hasilnya adalah 7 kg.

Berat 7 kg ini bisa menjadi acuan bagi orang tua dalam memperlakukan sang buah hati. Apakah si bayi harus mendapatkan tambahan nutrisi atau perlakuan lainnya agar mendapatkan berat badan idealnya.

  • Menghitung Berat Anak Usia 1- 10 Tahun

Kriteria berat badan untuk anak usia 1 hingga 10 tahun juga memiliki perhitungan yang berbeda. Rumus untuk menghitung berat badan idealnya adalah sebagai berikut:

Berat badan ideal anak = 2 (usia anak) + 8

Contohnya jika anak berusia 2 tahun, berat idealnya = 2 (2) + 8, hasilnya adalah 12 kg. Dengan perhitungan tersebut, tentunya orang tua bisa melihat apakah pertumbuhan si kecil mengalami gangguan atau tidak. Dengan acuan berat ideal tersebut, orang tua harusnya bisa melakukan berbagai hal untuk menjaga berat badan anak agar sesuai dengan berat idealnya.

  • Menghitung Berat Badan Dengan Metode BMI

Metode ini umum dipakai untuk menghitung perbandingan antara berat badan dengan tinggi. Nilai dari perhitungan tersebut nantinya akan dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan. Sehingga akan masuk ke dalam beberapa kategori.

Rumus perhitungan BMI = berat badan kg : tinggi badan m2

Contohnya jika seseorang memiliki berat badan 50 kg dengan tinggi 170 cm, maka hasilnya = 50 kg : 1,72, hasilnya adalah 17,30.

Hasil dari perhitungan tersebut kemudian dibandingkan dengan standar yang telah dibuat. Beberapa standar tersebut adalah sebagai berikut:

Kurang dari 17                   = kurus

17 sampai dengan 25      = berat badan ideal

Lebih dari 25                       = berat badan berlebih

Lebih dari 35                       = obesitas

Jadi, untuk berat badan 50 kg dengan tinggi 170 cm, masih dalam batas berat badan ideal.

Perhitungan metode BMI menjadi perhitungan yang paling banyak digunakan. Bahkan kalkulator berat badan ini sangat mudah ditemukan, dalam aplikasi smartphone atau di website kesehatan. Sehingga sangat memudahkan seseorang dalam menghitung berat badannya.

  • Perhitungan Berat Badan Ideal dengan Rumus Brosca

Rumus ini digunakan untuk menghitung berat badan ideal bagi remaja hingga dewasa. Perhitungannya juga dibedakan berdasarkan jenis kelamin.

Untuk pria rumusnya adalah:

Berat badan ideal = (tinggi cm – 100) – [(tinggi cm – 100)] x 10%

Sedangkan, untuk wanita rumusnya adalah:

Berat badan ideal = (tinggi cm – 100) – [(tinggi cm – 100)] x 15%

Contohnya, Alfian seorang pria dengan tinggi 170 cm, maka dia seharusnya mempunyai berat badan ideal sebesar = (170-100)-[(170-100)] x 10%, hasilnya adalah 63kg. Itulah berat badan yang seharusnya dimiliki oleh Alfian.

  • Menghitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Untuk menghitung berat badan ideal ibu hamil harus dipertimbangkan beberapa faktor lain, seperti usia kehamilan, berat badan janin, dan berat badan ibu hamil sendiri. Perhitungannya adalah sebagai berikut:

Berat badan ideal ibu hamil = berat badan ideal metode brosca + [usia hamil dalam minggu x 0,35]

Contohnya, jika Ibu Anni memasuki usia kehamilan 20 minggu, dan berat badan idealnya pada kondisi normal adalah 51kg. Maka berat badan ideal yang seharusnya dimiliki oleh Ibu Anni = 51 + (20 x 0,35), hasilnya adlaah 58 kg.

Itulah berbagai kalkulator berat badan yang digunakan untuk menghitung berat badan ideal yang disesuikan dengan usia, jenis kelamin, dan kondisi. Berbagai macam perhitungan ini menjadi acuan dasar yang sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post